Home / Kesehatan / Tips Untuk Stop Merokok

Tips Untuk Stop Merokok

Menghilangkan kebiasaan merokok memang sulit dilakukan bagi sebagian orang, waluupun secara sadar mereka juga tahu dan mengerti bahwa merokok merupakan kebiasaan buruk, yang tentunya merugikan kesehatan baik bagi si perokok maupun orang disekitarnya. Nah bagi anda yang ingin stop merokok tidak ada salahnya mengikuti langkah berikut ini:

  1. Tetapkan tanggal stop merokok anda.
  2. Minta dukungan kerabat atau teman dekat, dan berkonsultasilah ke dokter untuk mendapatkan terapi yang dapat membantu anda. Penelitian yang telah banyak dilakukan menunjukkan bahwa bantuan semacam ini akan meningkatkan kesuksesan usaha stop merokok anda.
  3. Pikirkan dan ingat selalu manfaat stop merokok terhadap kesehatan dan hidup anda. Merokok dapat merusak hampir semua organ tubuh. Penyakit yang ditimbulkan antara lain, kanker paru, penyakit jantung koroner, gangguan fungsi reproduksi dan lain-lain
  4. Kenali dan singkirkan semua pemicu kebiasan merokok anda. Buang semua rokok dan singkirkan pula asbak dari rumah serta mobil anda. Hindari lingkungan/teman yang dapat memicu anda untuk merokok

Kata kunci pencarian:

    stop merokok, pengertian merokok, merokok dan kesehatan, stop rokok, ciri-ciri perokok, ciri-ciri orang merokok, tips stop merokok, ciri ciri perokok, cara stop merokok, stopmerokok

About Admin

Check Also

Menjaga Berat Badan Saat Kehamilan

Untuk menjaga berat badan agar tetap dalam batas ideal dan normal, bisa mempertimbangkan 10 tip …

Infeksi Kehamilan Karena Toxoplasma

Salah satu infeksi yang berbahaya bagi wanita hamil adalah infeksi dan berkembangnya parasit Toxoplasma gondii. …

18 comments

  1. makasih bgetttt …buat tips_Y
    q jadi bisa kasih saran but yg lain.

  2. aku harus bisa berhenti merokok…

  3. Silakan mengunjungi http://merokokcerdas.blogspot.com untuk mendapatkan penjelasan dari sisi yang berbeda mengenai rokok.
    Terima kasih..

  4. Kakek saya adalah perokok berat yg seharinya bisa habis 6 bungkus kretek (bukan filter lho) dan beliau meninggal di usia 76 tahun karena sakit jantung. Kakek saya yg satunya juga perokok kretek berat meninggal di usia 65 tahun karena keserempet truk. Saya juga punya kakek angkat yg juga perokok berat dan meninggal di usia 95 tahun karena sakit demam (mungkin jatah usianya di dunia sudah habis). Merokok adalah kegiatan yg unik dan hanya dapat dirasakan kenikmatannya oleh orang2 yg melakukannya. Orang2 yg tidak merokok akan mengalami kesulitan utk melukiskan nikmatnya kegiatan merokok. Kebanyakan orang2 yg sehat sampai usia tua, umumnya/mayoritas adalah perokok berat; ini adalah pengamatan sehari2 yg saya lihat di lapangan (terutama di kampung2 dan wilayah pesantren tradisional). Mungkin ini adalah kesimpulan yg prematur, yaitu; di tempat/kota yg polusi udaranya sangat tinggi dan tingkat stress yg juga tinggi, rasa2nya merokok adalah salah satu alat untuk melepas/menghilangkan pengaruh polusi yg masuk ke tubuh/stress yg menghantui jiwa. Walhasil, jika anda ingin panjang umur seperti kakek2 saya dan orang2 lain yg sehat hingga masa tuanya, maka merokoklah agar anda mempunyai ketahanan tubuh yg sangat tinggi dari berbagai penyakit (terutama penyakit2 baru)! Atau anda ingin mencari tahu dulu, berapa panjang usia anda di dunia yg ingin anda capai?? 50/60tahun, 70/80 tahun,
    90/100 tahun atau bahkan lebih?

  5. Betul komentar anda semua! Lain otak (pikiran) lain isinya… Terlalu banyak orang yg berkaitan dengan rokok; mulai dari petani tembakau, pengepul, bandar, pedagang/toko & karyawannya, pabrik2 dan puluhan ribu karyawannya. Bila perkebunan mau diberangus (gaya2 PKI nih..) dan pabrik2 rokok ditutup; maka kita harus mau memberi ganti ladang usaha bagi mereka, minimalnya menanggung biaya hidup mereka & keluarganya selama sekian lama sampai mereka mendapat usaha/pekerjaan yg memadai. Bila tidak mau; maka anda yg mahasiswa bisa disebut mahasiswa yg tidak bertanggungjwb, anda yg dokter bisa disebut dokter yg tdk bertanggungjwb, anda yg tukang ibadah bisa disebut sbg tukang ibadah yg lari dari tanggungjwb. Atau paling nggak, anda wajib memikirkan atau mengganti besarnya pajak pendapatan yg diperoleh negara dari rokok yg nilainya trilyunan rupiah! Pajak yg digunakan utk kelangsungan pembangunan negara dan kembali buat kesejahteraan rakyat; atau kita berharap negara ngutang lagi…?? Dokter2 mestinya bersyukur bahwa tetap ada pasien yg datang untuk berobat dan membeli obat (obat yg dibuat dari bahan2 kimia yg juga beracun…). Kalau semua orang di dunia sehat, akan terjadi ketidakseimbangan; dokter kekurangan pasien yg berakibat berkurang pendapatan dan bisa2 fakultas kedokteran akan kosong selama satu abad ke depan…… Bertambahnya jumlah penduduk karena semuanya pada terlalu sehat juga sangat membahayakan; karena lapangan pekerjaan akan maha sempit; pemerintah akan kewalahan dan semuanya pasti menderita. Bagaimana dg binatang2 buas seperti singa, harimau dan buaya yg lebih banyak merugikan daripada manfaatnya; yg membuat hidup manusia tidak tenang & nyaman? Semestinya dibunuh/dibasmi?? Harus Ada Keseimbangan di dalam kehidupan ini…!! Salaaam!

  6. SAYA JENGLOT JAWO,
    KAMU KERAS,.
    MATIKAN ROKOK, SEBELUM SAYA MEMATIKAN ROKOK ANDA.

  7. Sebagai perokok aktif , saya sangat mengerti alasan yang sangat kuat utk merokok adalah kenikmatan, kecemasan, kebiasaan.
    Saya pikir rokok tidak ada kadar kecanduan yang berarti. Namun karena terlalu bebas beredar sehingga sudah menjadi kebiasaan.
    Kecemasan akan pekerjaan atau kurang percaya diri dengan aktivitas akan membuat anda stress dan kembali lagi merokok.
    Orang yang merokok sebenarnya sedikit2 adalah tipe orang yang suka mencoba melarikan diri dari masalah.

    Hal yang terpenting dalam berhenti merokok adalah :
    1. Lakukan perlahan-lahan. Jangan dipaksa karena semua hal yang dipaksa maka akan semakin sulit dilakukan. Seperti air semakin ditekan semakin melawan. Jadi di saat anda sudah siapkan waktu yang tepat. Di saat anda tidak banyak aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran. Mgkn itu saat yang tepat utk mencoba stop merokok 1 hari / 2 hari / dst..

    2. Dekatkan diri dgn banyak belajar agama karena rokok adalah alasan melarikan diri dari masalah. Sebaiknya kita mengatasi dengan belajar agama sehingga hati lebih tentram. Yakinlah pasti anda akan berubah.

    3. Lingkungan anda dengan yang tidak merokok. Karena mau tidak mau, suka tidak suka, “Jika anda tidak bisa mengubah lingkungan anda sebaiknya anda keluar atau menghindarinya”. Lingkungan membawa dampak yang sangat besar bagi kehidupan anda.

    4. Cari alternatif lain untuk memindahkan kebiasaan merokok anda.
    Cara saya :
    a. Hari rabu, Saya pertama beli permen Vicks Mint dan Jahe. Kemudian mulut semakin masam. Berarti tidak cocok.
    b. Hari kamis, Saya beli permen FOX yang rasa buah berry dan fruitty
    c. Ternyata FOX berry cocok dengan saya sehingga saya beli hingga 4 bungkus. Di hari ke-1 saya makan hingga 1 bungkus untuk menghilangkan kebiasaan merokok.
    d. Hari ke-2 stop merokok, Ternyata matahari tetap terbit dari timur dan terbenam dari barat. Badan terasa segar dan tidak cape padahal kondisi udara dan cuaca sekarang sudah sangat ekstrim biasanya orang cepat cape. Apalagi racun dimasukkan ke badan.
    JIKA ANDA GELISAH?? itu hal biasa. Tenang saja itu hanya proses awal. Saya sudah 8 tahun tidak pernah satu haripun stop merokok.
    Bisa dibayangkan saya stop merokok apa yang terjadi?? Stop Bekerja dan beraktivitas. GELISAH, EMOSI DAN CEMAS. Itu biasa saja karena proses awal.
    e. Hari ke-3, Semua menjadi lebih baik. Pertama saya takut ketika saya stop merokok saya akan menganggu lingkungan karena emosi, khawatir tidak bisa beraktivitas, khawatir bekerja tidak maksimal… semua mengenai kekhawatiran. Ternyata merokok hanya membuat saya cepat cape saja. Biasa pukul 5 sore sudah cape padahal masih muda. Sejak stop merokok 3 hari saya bisa beraktivitas hingga jam 12 malam dan bangun pagi lagi jam 6.
    Biasanya karena racun yang masuk, keringat badan saat beraktivitas akan berbau. Sejak mulai berhenti, keringat tidak berbau.
    Ternyata dengan stop merokok semua menjadi lebih baik, tidak ada rasa cape. Hanya nafsu seksual sangat meningkat bagi saya.
    Jadi saya sarankan untuk anda yang disfungsi seksual sebaiknya jgn pikirkan uang terus atau kerjaan terus coba luangkan beberapa hari ga merokok. Nanti anda akan membenci rokok itu sendiri setelah ada yang didapat lebih baik. paling tidak anda tidak mengandalkan rokok sebagai solusi masalah anda.
    f. Hari ke-4, Semua semakin baik. Tidak ada rasa kebutuhan sama sekali. Dan saya sangat senang karena aktivitas kerja saya bisa bertambah sangat lama. Aku ingin melakukan pekerjaan yang berguna bagi hidupku.
    g. Hari ke-5, Bangun tidurku semakin hari semakin pagi. Kerjaku semakin efektif. Hilang kenikmatan kecil dari “rokok tersayangku” namun aku mendapat “hasil yang lebih baik”
    Hidup memang pengorbanan dan dagang. Saya pilih hasil yang lebih baik haha.. Anda Mau Coba ;p

    Life is about balance. The More You Push, The More it Go. Sedikit pengalaman dari hidupku 🙂 Semoga bermanfaat teman-teman.

  8. Ada seorang dokter yang memberi komentar kepada seseorang pasien yang menyatakan niatnya untuk berhenti merokok.

    Dokter : Bapak sudah merokok sejak kapan?

    Bapak X : sejak usia 20 tahun.

    Dokter : Kalau mau berhenti merokok lakukan bertahap jangan sekaligus itu berbahaya.

    Karena ada dokter itu memberi pendapat seperti itu, sampai hari ini sang Bapak tidak mewujudkan niatnya untuk berhenti merokok. Karena pernyataan dokter tadi mempersepsikan berhenti merokok itu berbahaya. Jadi mengambil keputusan untuk tetap melanjutkan merokok.

    Jadi manakah yang lebih bahaya? Merokok terus atau berhenti sama sekali.

  9. aku ingin merubah hdup untuk lbih baik

  10. Apa sih enak nya merokok…kalo enak gak mungkin orang yang ngerokok bisa sakit…
    AKU PENGEN GAK ADA YANG NGEROKOK LAGI … !!!!

  11. terima kasih sekali untuk tips nya
    akan kita coba secepatnya………

  12. Alhamdullilah,Sudah 11 hari berlalu tanpa rokok,perjuangan yg cukup berat memang,dan saya bangga bisa melaluinya, butuh motivasi dan dukungan yang kuat,…..

  13. saya perokok 1 bungkus/hari. Hari ini saya akan buktikan bahwa berhenti merokok itu gampang.

  14. phuayaochai/deddy

    saya peROKOK berat sehari bisa sampai 4-5 bungkus!!!
    merek ROKOK saya JARUM SUPER

    saya ingin sekali hentikan kebiasan ROKOK.

    salam TEMAN: Phuayaochai/Deddy 26thn posisi jakarta pusat

    maff cerita dikit:
    saya teknisi handphone, saat krj saya pasti merokok, jika ga merokok rasa nya krjan yg saya kerj kan jadi lebih surit. PD hilang. ga bisa mikir.
    jika saat krj sambil rokok, krjan rasa nya jadi mudah ,bnyk yg bisa di pikir kan. PD tinggi.

    krjan saya tiap hari duduk di meja tunggu user yg mau service hp.
    sambil tunggu pasti merokok.

    sudah coba pake permen apa saja!

    TOLONG BANTUAN DARI SENIOR
    THX SEMUA NYA

  15. saya mau cepa berhenti roko

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *