Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan

Jalan KakiOlahraga? Kebugaran? Bayangan akan napas yang terengah-engah dan keringat bercucuran langsung timbul begitu mendengar hal-hal tersebut. Sebenarnya banyak orang ingin tubuhnya senantiasa bugar, namun tanpa harus menjalankan latihan yang berat dan disiplin yang ketat. Belum lagi masalah peralatan dan biaya yang harus dikeluarkan jika, misalnya, melakukan jenis olahraga tertentu atau mengikuti klub olahraga.

Suatu aktivitas yang tidak terlalu berat dan tidak perlu mengeluarkan banyak biaya tentu akan menjadi pilihan yang menarik. Salah satunya berjalan kaki. Olahraga ini dapat dilakukan siapa saja dan tidak memerlukan banyak pernik yang merepotkan, namun bermanfaat bagi Anda yang ingin menjaga kebugaran tubuh atau membantu mengurangi berat badan.

Persiapan
Meski kelihatannya mudah dan bisa dilakukan siapa saja, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Apakah Anda termasuk orang yang terbiasa untuk duduk berjam-jam dalam waktu lama, jarang berolahraga dan sekarang telah berusia di atas 65 tahun, memiliki gangguan jantung, sedang hamil, memiliki tekanan darah tinggi, diabetes, kerap merasa pusing dan gangguan-gangguan kesehatan lainnya. Jika “ya,” sebaiknya Anda berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter Anda.

Baiklah, berarti sekarang Anda telah siap untuk berjalan kaki. Apa saja yang Anda perlukan? Untuk pakaian sebenarnya tidak ada persyaratan khusus, yang penting nyaman dikenakan. Jika Anda merasa udara terlalu dingin, kenakan kaos berlapis, sweater tipis, atau jaket anti angin. Jika Anda berkeringat, gunakan pakaian yang menyerap keringat. Sementara untuk sepatu, jika memungkinkan gunakan yang khusus dirancang untuk berlari karena lebih nyaman dan dapat membantu meminimalkan risiko cedera.

Konsisten
Sebelum memulai, lakukan pemanasan secukupnya, apalagi jika selama ini Anda tidak pernah berolahraga. Lakukan peregangan (stretching) secukupnya dan mulailah dengan perlahan-lahan. Selanjutnya, postur yang baik ketika berjalan ialah tubuh tegak, tidak membungkuk ke depan atau ke belakang.

Berjalan kaki selama setengah jam per hari atau sekitar tiga jam seminggu sangat baik dan menurut situs walking.miningco.com berhubungan dengan penurunan risiko gangguan jantung. Mulailah dengan 15 menit per hari selama lima hari dan tambahlah lima menit tiap minggu hingga akhirnya mencapai 30 menit per hari. Ingat, karena dalam hal ini Anda harus membangun kebiasaan, usahakan untuk konsisten berlatih tiap hari. Jangan biarkan rasa malas membuat Anda berhenti, karena sekali berhenti biasanya Anda sukar untuk memulai lagi. Selamat berlatih.

Kata kunci pencarian:

Sebar dan Informasikan:

Kategori: Kesehatan

Label:

RSSKomentar (5)

Tinggalkan Komentar | Trackback URL

  1. eneng nurcahyati says:

    Saya baru saja secara rutin dalam dua minggu ini berjalan pagi sebelum ke kantor dengandiawali peregangan secukupnya pada saat bangun tidur…..alhamdulillah terasa lebih ringan dan memiliki daya tahan tubuh yang baik…biasanya cepat lelah. Untuk penurunan berat badan belum terlihat signifikan tetapi paling tdk saya tahu berat badan saya stabil…tdk mudah naik.

  2. dudung says:

    umur sy sdh setengah abad lebih,dulu sy.banyak gangguan pernafasan,pilek kadang2 gangguan asma,setiap bulan sy.harus kunjungi dr.dan beli obat/inhaler yang jumlahnya 1-2 juta.tapi sejak 3 th.lalu sy,satu minggu jalan minimal 5 x,dgn durasi min.40 menit dgn.kecepatan 100-120 langka/menit,kl.saya jalan 3 km.dengan cara ini kini saya sehat semua keluhan hilang,jalan pagi sdh.menjadi hobby sy,biarpun ke lr.kota sy.selalu siapkan sepatu olahraga untuk jalan.

Tinggalkan Komentar




Jika menginginkan komentar anda disertai gambar/foto, anda dapat membuat sebuah Gravatar.

  • Sponsor

eXTReMe Tracker