Home / Kesehatan / Kehamilan / Infeksi Kehamilan Karena Toxoplasma

Infeksi Kehamilan Karena Toxoplasma

toksoplasmaSalah satu infeksi yang berbahaya bagi wanita hamil adalah infeksi dan berkembangnya parasit Toxoplasma gondii. Sesuai dengan nama parasit penyebabnya, ini juga disebut sebagai toksoplasmosis. Terutama pada ibu hamil, hasil positif atas pemeriksaan tokso ini perlu diperhatikan, karena berpotensi menyebabkan keguguran atau bayi cacat. Potensi penularan tokso terhadap janin selama masa kehamilan ini sangat tinggi, yaitu bisa mencapai 50%. Infeksi yang terjadi pada janin dan ibu (toksoplasmosis kongenital) ini berpotensi menyebabkan cacat bawaan terutama bila terjadi pada usia kehamilan awal (sampai usia janin 3 bulan), dan akan menurun potensinya pada usia kehamilan lanjut. Pemeriksaan toksoplasma ini seringkali dilakukan bersama dengan rubella, cytomegalovirus dan herpes simpleks, sehingga seringkali disebut sebagai pemeriksaan TORCH.

Penyebab

Penyakit ini bisa menular ke manusia akibat termakannya spora Toxoplasma gondii. Misalnya makan daging mentah yang mengandung telur (ookista) toksoplasma atau sayuran yang terkontaminasi telur ini. Parasit ini sendiri bisa berbiak di semua mamalia, seperti ternak atau hewan peliharaan (anjing, kucing dan burung). Sayangnya infeksi toksoplasma ini di sebagian besar kasus tidak menunjukkan gejala yang jelas. Oleh karenanya pemeriksaan laboratorium semacam TORCH sangat dianjurkan sebelum memulai kehamilan, atau minimal di saat awal kehamilan. Bila ditemukan hasil positif, harus dilakukan terapi sampai sembuh terlebih dahulu sebelum melanjutkan kehamilan.

Penanganan

Indikasi infeksi pada janin bisa diketahui dari pemeriksaan USG, yaitu terdapat cairan berlebihan pada perut (asites), perkapuran pada otak atau pelebaran saluran cairan otak (ventrikel). Sebaliknya bisa saja sampai lahir tidak menampakkan gejala apapun, namun kemudian terjadi retinitis (radang retina mata), penambahan cairan otak (hidrosefalus), atau perkapuran pada otak dan hati.

Pemeriksaan awal bisa dilakukan dengan pengambilan jaringan (biopsi) dan pemeriksaan serum (serologis). Umumnya cara kedua yang sering dilakukan. Pada pemeriksaan serologi akan dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui adanya reaksi imun dalam darah, dengan cara mendeteksi adanya IgG (imunoglobulin G), IgM, IgA, IgE. Pemeriksaan IgM untuk ini mengetahui infeksi baru. Setelah IgM meningkat, maka seseorang akan memberikan reaksi imun berupa peningkatan IgG yang kemudian menetap. IgA merupakan reaksi yang lebih spesifik untuk mengetahui adanya serangan infeksi baru, terlebih setelah kini diketahui lgM dapat menetap bertahun-tahun, meskipun hanya sebagian kecil kasus.

Sebenarnya sebagian besar orang telah terinfeksi parasit toksoplasma ini. Namun sebagian besar diantaranya telah membentuk kekebalan tubuh sehingga tidak berkembang, dan parasit terbungkus dalam kista yang terbentuk dari kerak perkapuran (kalsifikasi). Sehingga wanita hamil yang telah memiliki lgM negatif dan lgG positif berarti telah memiliki kekebalan dan tidak perlu khawatir terinfeksi. Sebaliknya yang memiliki lgM dan lgG negatif harus melakukan pemeriksaan secara kontinyu setiap 3 bulan untuk mengetahui secara dini bila terjadi infeksi.

Bagaimana bila lgM dan lgG positif ? Untuk ini disarankan melakukan pemeriksaan ulang. Bila ada peningkatan lgG yang signifikan, diduga timbul infeksi baru. Meski ini jarang terjadi, tetapi adakalanya terjadi. Untuk lebih memastikan akan dilakukan juga pemeriksaan lgA. Pemeriksaan bisa juga dilakukan dengan PCR, yaitu pemeriksaan laboratorium dari sejumlah kecil protein parasit ini yang diambil dari cairan ketuban atau darah janin yang kemudian digandakan.

Bila indikasi infeksi sudah pasti, yaitu lgM dan lgA positif, harus segera dilakukan penanganan sedini mungkin. Pengobatan bisa dilakukan dengan pemberian sulfa dan pirimethamin atau spiramycin dan clindamycin. Sulfa dan pirimethamin dapat menembus plasenta dengan baik sehingga dianjurkan untuk pengobatan pertama. Terapi harus dilakukan terus sampai persalinan. Bahkan setelah persalinan akan dilakukan pemeriksaan pada bayi. Bila didapat lgM positif maka bisa dipakstikan bayi telah terinfeksi. Meski hasilnya negatif sekalipun, tetap harus dilakukan pemeriksaan berkala sesudahnya. Dengan pemeriksaan dan pengobatan secara dini penularan pada bayi akan bisa ditekan seminimal mungkin. Selain itu pengobatan dini yang tepat saat awal kehamilan akan menurunkan secara signifikan kemungkinan janin terinfeksi.

Sumber Gambar: omafra.gov.on.ca

Kata kunci pencarian:

    toxoplasma, toxoplasmosis pada kehamilan, penyebab toxoplasma, toxoplasma pada kehamilan, infeksi toxoplasma, pengertian toxoplasma, infeksi kehamilan, toksoplasma pada kehamilan, pemeriksaan toksoplasma, patofisiologi toxoplasmosis

About Admin

Check Also

Sepatu Hak Tinggi

Apakah Sepatu Hak Tinggi Aman untuk Kaki ?

Sepatu dengan hak tinggi (lebih dari 15 cm) terlihat indah dan menawan bagi kaki wanita. …

Menjaga Berat Badan Saat Kehamilan

Untuk menjaga berat badan agar tetap dalam batas ideal dan normal, bisa mempertimbangkan 10 tip …

15 comments

  1. dok mau tanya kira2 toxoplasma bisa di sembuhkan tidak? klo bs bgmn cara untuk penyembuhan tersebut,dan brp biaya yg hrs di byr,karena sekarang istri saya lg hamil 5 minggu,dan di rumah saya punya kucing anggora 1 pasang hamil jg,kehamilan istri saya yg msh 5 minggu ini apa bs di sembuhkan klo misalnya terkena toxoplasma. posisi saya disurabaya,di daerah mn sy harus brobat/memeriksakan apakah istri saya terkena toxoplasma. terima kasih sebelumnya

  2. siang dok..
    saya sedang hamil 2 bln lbh 1 mnggu,saya baru dnyatakan positif terkena toxoplasma,apa saya bisa mempertahankan janin saya??
    benarkah wanita yg terkena toxoplasma akan susah untuk hamil lg??

  3. Begini dok, saat ini isteri saya sedang hamil 10 minggu.
    Dan saya dirumah memelihara kucing 1 ekor.
    Saya kawatir akan kehamilan isteri saya dimana apakah akn
    Terinfeksi tokso apa tidak ya dok.
    Saya ingin melakukan tes tetapi jika diharuskan full tes saya terbentur
    Dgn biaya yang cukup mahal.
    Saya telah berkonsultasi ke dokter kandungan dan disarankan untuk
    Melakukan tes lab.
    Yang saya ingin tanyakan apakah saya harus melakuakan seluruh tes
    Yg dianjurkan yaitu Toxoplasma IgG & IgM, Rubella IgG & IgM,
    Anti CMV IgG & IgM.
    Atau apa yang paling penting terlebih dahulu menurut dokter jika
    Ingin mengetahui apakah isteri saya terkena toxo apa tidak
    Mengingat biaya yang terbatas.

    Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

    Vidi Elmayadi

  4. serangan tokso sangat jahat…..percayalah!!!!
    kami udah 2 kali kehilangan bayi…
    jangan anggap enteng. PERIKSA SEDINI MUNGKIN

  5. sore dok..saya berumur 22 thn. baru minggu kemarin saya dinyatakan 100 positive toxoplasma… pertnyaan saya,pengobatan yang seperti apa yang benar2 akurat sampai akhirnya saya bisa sembuh total..atau jangan2 tidak bisa sembuh..terima kasih

  6. Selamat sore Dok…istri sy sedang hamil kurang lebih memasuki usia 3 bln, ini merupakan calon anak ke3 kami.Sebelumnya ke2 anak kami semua dlm keadaan sehat tidak kurang satu apapun,krn sebelumnya kami tdk memelihara kucing.Kebetulan saat ini kami dirumah memelihara kucing yg sudah ada sebelum kehamilan istri sy.
    Yang ingin sy tanyakan:
    1.Berapa besar presentasi kemungkinan istri sy terkena tokso ?
    2.Apa benar org yg sdh terkena kista kemungkinan kecil bs terkena tokso?
    3.Apa dgn mengkonsumsi vit dan susu semasa kehamilan bs mengurangi resiko terkena tokso.
    4.Makanan apa yg baik dikonsumsi utk bs mencegah tokso ?
    5.Adakah obat herbal utk mengobati tokso?

    Terimakasih….

  7. saya sudah kehilangan 3 baby, yang terakhir lahir usia kandungan 9 bulan tetapi meninggal diusia 5 hari karena terjadi kebocoran jantung,berobat sampai sembuh total baru hamil
    thx

  8. dok,,.
    Saya mau tanya, kn d rumh ad kucing n saia jga bka usha sendiri…
    Dan ke hamilan saia 2 bln jln. Truz ke guguran, apa da penyakit dari kucing tersebut apa kndungan saia yg lemah..
    Trmakasih,. 🙂

  9. Bua yg punya problem TORCH(TOKSO)baca deh pada blok
    TORCH(TEMAN PAGI)pada komentar tgl 12 maret 2012 saya ikutan kasih info yg mkn byk manfaat nya buat smua TERNYATA UNTUK BEBAS TOKSO BAGI IBU 2 PENDERITA TOKSO TIDAK SESULIT YG DI BAYANGKAN,mampir aja

  10. Berkhasiat untuk membantu menyehatkan rahim dari segala macam penyakit gagal rahim dan penyakit TORCH (Toksoplasma, Rubella, Cytomegalovirus (CMV) dan Herpes simplex virus II). Komposisi : Phalariae Fructus, Zedoariae Rhizoma, Morindae Citrifolia, Andrographidis Herba, dll. Harga Rp. 275.000,- (60 kapsul). Jl. Hankam 62 Ragunan JakSel. Pemesanan hubungi : Telp. 021 – 710 85 910 / 0856 910 910 09 (SMS OK). http://faneliaherbs1.wordpress.com ; faneliaherbs@yahoo.com

  11. kehamilanku sdh memski 8 bln aku jg penyayang kucing sampai skrg aku msh bobo sm kucing2ku.aku jg cek rutin ke dokter janin bayi sehat tanpa indikasi toxo & rubella.

  12. Samsuddin Harahap

    dok…… setahun yg lewat istri saya sudah pernah keguguran setelah cek prodia di akibatkan krn virus toxoplasma ahirnya berobat dan sekaran istri saya sudah hamil satu bulan tp sampe sekarang blm pernah cek lagi toxonya, aman ngk janin saya dlm kandungan dan ada ngk kemungkinan nanti janin terimpeksi dan sebaiknya apa yg kami lakukan untuk menjag janin dok?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *