Home / Kesehatan / Kehamilan / Hidung dan Tenggorokan Kering saat Kehamilan

Hidung dan Tenggorokan Kering saat Kehamilan

Hidung dan Tenggorokan Kering saat KehamilanSelama masa kehamilan selaput tenggorokan dan hidung juga mengalami perubahan akibat produksi hormon tertentu. Akibat hormon ini ada kalanya selaput menjadi mudah robek atau mengalami pendarahan. Hal ini menyebabkan timbulnya gangguan pada daerah telinga – hidung – tengorokan, seperti hidung berdarah (mimisan), hidung tersumbat, tenggorokan kering, dll.

Untuk mengurangi akibat hal-hal diatas, disarankan untuk menjaga agar ruangan tidak terlalu kering (terutama bagi yang tinggal di dataran tinggi). Karena kondisi ini mempermudah terjangkit flu, setelah keluar rumah segera mencuci tangan dan berkumur untuk pencegahan.

Pada dasarnya gangguan ini tidak terlalu serius. Namun apabila merasa sangat menderita, ada baiknya konsultasi ke dokter THT karena ada kemungkinan merupakan gejala penyakit lain yang tidak secar alangsung berhubungan dengan kehamilan. Tentu saja jangan lupa untuk memberitahukan ke dokter bahwa anda sedang mengandung.

Kata kunci pencarian:

    ingus berdarah, TENGGOROKAN KERING, hidung tersumbat saat hamil, Tenggorokan kering saat hamil, ingus bercampur darah, Hidung mampet saat hamil, sakit tenggorokan saat hamil, hidung berdarah saat hamil, hidung, mengatasi hidung mampet

About Admin

Check Also

Menjaga Berat Badan Saat Kehamilan

Untuk menjaga berat badan agar tetap dalam batas ideal dan normal, bisa mempertimbangkan 10 tip …

Infeksi Kehamilan Karena Toxoplasma

Salah satu infeksi yang berbahaya bagi wanita hamil adalah infeksi dan berkembangnya parasit Toxoplasma gondii. …

13 comments

  1. saat ini saya lagi hamil 10mg, hampir tiap hari hidung saya tersumbat sebelah hal ini mengakibatkan nafas sy jadi ngos-ngosan dan cepat cape, sehingga sy tidak bs beraktifitas spt biasanya.
    Apakah ada saran???

  2. @Sdr. Carolline

    Hidung mampet atau tersumbat pada wanita hamil, jika memang tidak sedang mengalami gangguan kesehatan seperti adanya penyakit pernapasan, flu, pilek atau asma biasanya terjadi akibat adanya perubahan tingkat hormon estrogen wanita. Pada trimester pertama, seperti kehamilan anda yang baru berjalan 10 minggu hal tersebut memang wajar karena adanya perubahan hormonal. Mengenai napas anda yang kemudian terasa “ngos-ngosan” dan cepat lelah, hal tersebut tidak berhubungan secara langsung dengan hidung yang tersumbat.

    Tubuh seorang ibu hamil memang sedang bekerja ekstra keras untuk menyiapkan diri dalam “menampung” janin. Di samping itu, tubuh juga sedang belajar menyesuaikan diri terhadap tuntutan fisik dan emosi yang masih naik-turun. Oleh karenanya tidak mengherankan jika tubuh seorang wanita hamil mudah lelah. Cara mengatasinya adalah istirahat secukupnya, berolah raga untuk meningkatkan daya tahan tubuh, mengkonsumsi makanan bergizi seimbang (kekurangan protein atau zat besi dapat menyebabkan cepat lelah), serta minum susu hangat menjelang tidur. Rasa cepat lelah juga dimungkinkan karena adanya gangguan anemia ringan. Jika kondisi kelelahan ini semakin memburuk anda patut untuk mewaspadainya.

    Napas yang sesak atau ngos-ngosan biasanya terjadi karena membesarnya janin yang kemudian mendesak beberapa organ di rongga perut. Akibatnya, ada saja organ yang sering terganggu fungsinya. Misalnya desakan pada diafragma akan membuat anda sulit bernapas dan juga cepat lelah. Bukan hanya itu. Paru-paru yang letaknya agak jauh dari rahim pun merasakan desakan hebat dari bawah ini. Namun biasanya hal tersebut terjadi saat kehamilan sudah mulai besar dan umum terjadi pada usia kehamilan 7-9 bulan, karena jantung dan paru-paru akan bekerja lebih giat agar suplai oksigen dan zat gizi melalui darah ke seluruh tubuh, dan juga ke janin, berjalan dengan lancar. Kerja organ pernapasan yang meningkat itulah yang membuat napas anda merasa tersengal-sengal, atau bahkan sesak.

    Untuk memastikan ada atau tidaknya gangguan kesehatan kami sarankan untuk berkonsultasi lebih lanjut ke bidan atau dokter, Namun selama tidak mengalami gangguan kesehatan seperti yang telah kami sebutkan diatas, anda tidak perlu khawatir, karena rasa lelah dan napas yang ngos-ngosan tersebut normal terjadi pada ibu hamil. Yang perlu anda lakukan hanyalah berolah raga ringan agar anda dapat cepat beradaptasi serta mengkonsumsi makanan terutama yang banyak mengandung protein dan zat besi seperti telur, susu, hati, ikan, daging, kacang-kacangan (tempe, tahu, oncom, kedelai, kacang hijau), sayuran berwarna hijau tua (kangkung, bayam, daun katuk), dan buah-buahan (jeruk, jambu biji, pisang), karena kebutuhan zat gizi tersebut lebih tinggi pada wanita hamil.

    Salam

    Admin

  3. Saya hmil 8 mgg. Skrg lg flu n dmam, jd kadang hdung jd tsumbat kadang sampai kedua lbang hdung, wkt k dkter kandungan dberi antibiotik n vitamin. Yg ingin saya tanyakan bgmn jka saya menghrup pelega prnafasn apa dperbolehkn?

  4. @Sdr Sulis
    Selama kehamilan 3 bulan pertama, memang sebaiknya tidak menggunakan obat-obatan dikarenakan masa ini adalah masa pembentukan organ janin sehingga sangat rentan akan terjadinya kelainan kongenital atau kecacatan pada janin.

    Namun demkian jika pernapasan anda sangat terganggu dan mengharuskan anda untuk menghirupkan pelega pernapasan, hal ini masih dimungkinkan. Penelitian membuktikan bahwa obat-obatan dalam bentuk inhalasi (inhaler) atau obat yang dihirup, aman diberikan selama masa kehamilan dan tidak memberikan efek teratogenik (menyebabkan kecacatan pada janin). Hal ini disebabkan karena kadar obat di dalam satu inhalasi tersebut tidak besar dan langsung bekerja ke paru sehingga tidak berbahaya bagi janin.

    Salam

    Admin

  5. Saya seorang calon ibu yang sedang hamil 2 bulan, saat ini saya mengalami masalah pada nafas sebelumnya saya flu sampai berwarna hijau sampai coklat. saya sudah ke dokter tetapi haya di beri obat ala kadarnya karena mengingat saya sedang hamil, tetapi obat habis flu dan batuk masih saja belum sembuh hingga akhirnya hidung saya berdarah pada ingus,, saya sangat khawatir.. apa itu gejala biasa atau memang penyakit yang saya derita? mohon masukkannya.. thank’s..

  6. @Sdr Desi

    Darah yang bercampur pada ingus sebenarnya merupakan hal yang biasa terjadi jika penyakit flu berlangsung lama. Biasanya hal tersebut terjadi karena adanya radang dan tekanan pada pembuluh darah halus di hidung.

    Yang perlu anda perhatikan adalah memperbanyak istirahat, makan makanan bergizi, mengonsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C serta banyak minum air putih, untuk menghindari ketergantungan terhadap obat jika gangguan flu muncul kembali.

    Mengenai pemberian obat-obatan untuk flu pada ibu hamil, biasanya merupakan obat-obat yang ditujukan untuk mengurangi keluhan anda. Semua dokter telah dibekali pengetahuan tentang obat-obat yang aman dipakai untuk ibu hamil.

    Salam

    Admin

  7. Sekalipun anda termasuk orang-orang yang selalu takut dalam mempelajari keahlian-keahlian fisik baru, pikirkan kembali apa saja yang telah anda alami. Anda akan menemukan suatu masa dimana anda menemukan, misalnya, suatu teknik jogging, atau karya musik, atau menghafal serangkaian kunci yang diperlukan untuk memasukkan informasi ke dalam webpage perusahaan, atau cara mengoperasikan mesin jahit yang baru anda beli, atau bagaimana memasang modem dalam komputer – langsung dan tanpa kesulitan.

  8. saya hamil 2 bulan kurang….saya kerja full dan kebanyakan berdiri…apakah itu aman?

  9. @Sdr Niki
    Pada usia kehamilan seperti anda kami sangat sarankan untuk sedikit mengurangi aktifitas. Jika pekerjaan anda menuntut untuk banyak berdiri, kami sangat menyarankan anda untuk secara periodik melakukan istirahat di tengah pekerjaan anda, jangan memforsir kondisi kebugaran anda. Sesuaikan beban kerja anda dengan kondisi anda saat ini. Anda dapat melakukan hal yang santai secara periodik ditengah pekerjaan anda seperti melakukan relaksasi dan peregangan untuk mengurani keletihan dan menjaga kondisi kandungan anda. Selama kondisi anda bugar dan riwayat kesehatan anda baik, kondisi kehamilan anda akan aman walaupun anda bekerja.

    Salam

    Admin

  10. Saat ini saya sdg hamil 8bln, sebelumnya tdk pernah terkena flu ataupun batuk, sekarang saya tinggal drumah mertua dan kbetulan cucu2 beliau jg ada mulai dari 3thn sampai 9thn, dan ksemuanya terkena flu dan batuk, sehingga saya juga jadi ketularan, ditambah tiap hari yg hujan di bandung. Apa ya yang seharusnya saya lakukan? Terimakasih..

  11. saya sekarang sedang hamil 4 bulan,saat ini saya terserang penyakit flu dan hidung tersumbat,saya sangat menderita…yg ingin saya tanya kan,obat apa yg baik untuk saya konsumsi agar sakit flu saya bisa sembuh tanpa mengganggu kehamilan saya…terima kasih…

  12. Saya sedang hamil 11 minggu. saat ini saya mengalami bibir kering. Apa yang harus saya lakukan dengan keadaan seperti ini?

  13. saya sedang hamil 4 bulan lebih/hmpir 5 bulan.saat ini saya mengalami mimisan dan kluar dahak bercmpur darah kental,sudah 2 kali dlam 4 hari.bertanda apakah ini,apakh tidak terjadi sesuatu terhadap kndungan saya.atau kah saya terlalu cape.mohon solusi obat dah pencegahannya.trimakasih,,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *