Home / Kesehatan / Kehamilan / Guratan Kulit saat Kehamilan

Guratan Kulit saat Kehamilan

Selama masa kehamilan, di perut, dada dan paha sering muncul guratan, garis-garis merah, yang biasa disebut sebagai garis kehamilan. Ini disebabkan karena perut membesar dalam waktu relatif singkat, sehingga kulit perut seperti ditarik dengan tiba-tiba. Ini mengakibatkan ketebalan kulit berkurang dan menampakkan pembuluh-pembuluh darah halus di bawah permukaan kulit. Umumnya ini timbul di perut bagian bawah, namun adakalanya juga timbul di payudara bagian bawah dan paha.

Ini umumnya semakin terlihat pada masa akhir kehamilan. Gejala semacam ini sebenarnya tidak hanya terjadi pada wanita hamil, namun juga pada olahragawan binaraga, kegemukan yang terjadi dalam waktu singkatataupun masa puber wanita.

Sayangnya garis-garis merah yang sudah terlanjur timbul ini tidak akan hilang setelah persalinan. Namun garis yang awalnya berwarna merah ini, bersamaan dengan berjalannya waktu akan berubah menjadi keunguan, kekuningan dan akhirnya menjadi warna putih sehingga tidak terlalu menonjol. Umumnya 3 bulan setelah persalinan sudah tidak terlalu tampak.

Pada masa awal timbulnya garis kehamilan adakalanya disertai gatal-gatal. Bila gatal-gatal ini tidak tertahankan, bisa meminta dokter kandungan untuk memberi resep salep yang aman.

Tidak di semua wanita hamil timbul garis kehamilan ini, ada yang memang berbakat timbul atau malah ada yang tidak timbul sama sekali. Karena ini terjadi akibat kulit yang tertarik, maka untuk wanita yang memiliki luas permukaan kulit yang lebih luas, misalnya yang berbadan besar, relatif sulit timbul. Juga di wanita yang sebelumnya banyak berolahraga yang berat gejala ini tidak begitu menonjol. Sebaliknya untuk wanita yang berbadan kecil atau kurus garis kehamilan ini lebih mudah timbul. Terutama bagi wanita berbadan kecil namun suaminya berbadan besar, ada kemugnkinan memiliki bayi yang besar sehingga perut juga jauh lebih besar dari umumnya.

Pada dasarnya tidak ada yang bisa dilakukan untuk mencegah timbulnya garis kehamilan ini. Namun cara paling efektif adalah melatih daerah sekitar perut dengan olahraga atau melakukan pijatan seperti di gambar di samping. Tentu saja patut dihindari olahraga berlebihan setelah persalinan, karena ini malah memiliki efek buruk. Sekedar mengurangi penarikan kulit perut, menjaga agar tidak terlalu gemuk selama masa kehamilan juga penting. Pijatan ini sebaiknya jangan dilakukan dengan sekuat tenaga karena malah berefek buruk, sebaliknya lakukan dengan lembut. Selain itu sebagai acuan kasar, setidaknya 6 bulan setelah melahirkan usahakan berat badan sudah kembali seperti semula.

Meski ada sebagian wanita yang merasa terganggu dengan timbulnya garis kehamilan ini, sebaiknya tidak perlu terlalu dirisaukan. Karena garis kehamilan ini, meski tidak bisa hilang, bersamaan dengan berjalannya waktu tidak akan tampak menonjol. Perlu dipahami bahwa garis kehamilan ini justru sebagai pertanda anda merupakan wanita sehat dan seorang ibu.

Kata kunci pencarian:

    cara menghilangkan garis kehamilan, garis kehamilan, payudara gatal saat hamil, MENGHILANGKAN GARIS KEHAMILAN, perut gatal saat hamil, gatal pada ibu hamil, mengatasi perut gatal saat hamil, mengatasi gatal saat hamil, kehamilan, menghilangkan guratan setelah melahirkan

About Admin

Check Also

Menjaga Berat Badan Saat Kehamilan

Untuk menjaga berat badan agar tetap dalam batas ideal dan normal, bisa mempertimbangkan 10 tip …

Infeksi Kehamilan Karena Toxoplasma

Salah satu infeksi yang berbahaya bagi wanita hamil adalah infeksi dan berkembangnya parasit Toxoplasma gondii. …

2 comments

  1. halo,saya cowok n olarahragawan,saya sering fitnes,tapi timbul garis merah itu.mencolok bgt.
    cara ilanginnya gmn ya ?
    thx

  2. hy,q lilis calon ibu yg kini usia kandungannya memasuki 7bulan.tp,dbagian perut timbul guratan2 merah.apkah itu bisa hilang?????

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *