Home / Kesehatan / Kehamilan / Awal Proses Kehamilan

Awal Proses Kehamilan

Awal Proses KehamilanKehamilan (alamiah) terjadi akibat adanya pembuahan sel telur di dalam indung telur wanita oleh sperma. Dalam proses alamiah, ini terjadi karena sperma masuk ke indung telur melalui saluran rahim pada saat melakukan berhubungan badan.

Normalnya, wanita hanya memproduksi satu sel telur setiap bulannya. Dilain tubuh pria bisa memproduksi sperma terus menerus dalam jumlah besar. Rata-rata setiap semprotan air mani mengandung 100-200 juta sperma. Namun dari jumlah tersebut hanya satu yang berhasil menembus indung telur dan membuahi sel telur. Ini merupakan salah satu bentuk seleksi alam untuk memilih bibit yang terbaik.

Apabila pembuahan ini berhasil, dari satu sel telur yang telah dibuahi dan berukuran 0.2 mm akan terus berkembang biak dan berpindah ke dalam rahim.

Kurang lebih sekitar 7-10 hari setelah pembuahan, sel telur yang telah dibuahi akan masuk dan menempel di selaput dalam rahim. Dianalogikan dengan kasur, selaput dalam rahim ini tebal dan lunak sehingga bisa melindungi sel telur yang telah dibuahi. Pada tahap ini kehamilan sudah dimulai.

Selama ini sel telur yang telah dibuahi tersebut terus berbiak dan membentuk semacam akar/rambut yang halus. Ini menyerap gizi yang terkandung dalam selaput dalam rahim sehingga bisa terus berkembang. Rambut-rambut halus ini nantinya memiliki fungsi yang sangat penting untuk janin.

Pada sekitar hari ke 5, sel telur yang telah dibuahi dan keluar dari indung telur sudah berbentuk sebagai satu garis. Pertama yang yang terbentuk adalah syaraf. Perkembangan berikutnya terbagi dua yaitu otak dan sumsum. Segera setelah ini cikal bakal organ tubuh penting seperti jantung, pembuluh darah, otot, dll sudah mulai terbentuk.

Dilain pihak plasenta (ari-ari) yang berfungsi menyelimuti janin selama proses kehamilan juga sudah mulai terbentuk. Sampai usia kehamilan 3 minggu ini janin masih belum bisa dideteksi. Pada saat ini kepala bayi kurang lebih setengah dari panjang badan, dimana badan bayi masih tampak seperti ekor saja.

Sumber : keluarga.Org

Kata kunci pencarian:

    proses kehamilan, proses terjadinya kehamilan, proses kehamilan wanita, proses hamil, proses awal kehamilan, gambar proses kehamilan, tanda awal kehamilan setelah berhubungan, proses pembuahan, proses pembuahan kehamilan, siklus kehamilan

About Admin

Check Also

Ibu Hamil Tak Harus Ngemil

Kehamilan merupakan saat yang membahagiakan karena akan ada anggota baru di dalam sebuah keluarga. Karena …

Jangan Sampai Kekurangan Gizi Saat Hamil

Jika ibu hamil menderita kurang gizi, maka janin yang ada dalam kandungannya juga akan kekurangan …

180 comments

  1. 1.darah yang kluar dari menstrusi warnanya hitam,apakah mengindifikasikan adanya suatu penyakit atau infeksi?
    2.pemeriksaan apa saja yang harus saya lakukan sebelum melakukan program bayi tabung? apakah pemeriksaan TORCH juga perlu…
    3.Jika terbukti adanya penyakit TORCH apa bisa menyebabkan kemandulan…

  2. @Mbak Dila

    1. Warna darah saat menstruasi, memang tidak selalu merah segar, kadang berwarna agak kecoklatan atau bahkan kehitaman. Warna darah pada saat menstruasi tersebut dipengaruhi oleh keadaan asam/basa dan cairan vagina anda. Selama proses menstruasi masih normal, baik dilihat dari sisi waktu lamanya mestruasi maupun jumlah darah menstruasi yang keluar, anda tidak perlu merisaukannya. Namun bila ada keraguan, sebaiknya langsung memeriksakan diri ke dokter kandungan.

    2. Untuk program bayi tabung, beberapa pemeriksaan awal yang diperlukan sebelum anda memutuskan untuk melakukan proses bayi tabung, seperti pemeriksaan USG untuk melihat keadaan kesehatan rahim dan indung telur, pemeriksaan hormon, analisa sperma pasangan, pemeriksaan TORCH dan beberapa pemeriksaan lainya yang didasarkan pada riwayat kesehatan anda. Hal ini perlu dilakukan untuk menunjang program bayi tabung itu sendiri.
    Pemeriksaan TORCH merupakan pemeriksaan yang ditujukan untuk mendeteksi infeksi TORCH, yang disebabkan oleh parasit Toxoplasma, virus Rubella, Cytomegalovirus (CMV) dan virus Herpes. Infeksi TORCH yang terjadi pada ibu hamil pada umumnya tidak menampakkan suatu gejala. Oleh karenanya pemeriksaan TORCH tersebut tentu sangat perlu dilakukan untuk mengurangi resiko kegagalan bayi tabung, karena infeksi TORCH pada kehamilan dapat menyebabkan keguguran, kelahiran prematur, dan dapat menyebabkan kelainan pada janin.

    3. Tergantung jenis kelainan yang ditemukan. Pada infeksi yang bersifat akut, sebagi contoh jika terjadi infeksi toxoplasma akut pada wanita hal ini dapat mengebabkan peradangan dan penyempitan saluran telur. Sedangkan pada pria, toxoplasma dapat menginfeksi saluran sperma dan menyebabkan peradangan. Peradangan pada saluran sperma ini dapat menyebabkan penyempitan atau penutupan saluran sperma. Akibatnya, pria tersebut tidak dapat mengeluarkan sperma dan membuahi sel telur.

    Salam buat mbak Dila dan keluarga. Semoga artikel dan jawaban kami sediakan dapat sedikit membantu, dan mohon maaf bila masih banyak kekurangan. Kami segenap crew keluargacemara.com turut mendoakan semoga anda cepat dikaruniai buah hati.

    Admin

  3. Terima kasih kepada keluarga cemara,atas jawaban yang sangat membantu serta do’anya…

  4. saya bru 2 bulan menikah,kami terpisah tempat kerja.terakhir berhubungan saya habis menstruasi hari ke4. apakah itu bisa kemungkinan hamil? apa tanda2 hamil?
    mohon penjelasannya. terima kasih

  5. Sy menikah 6bulan, tp belum hamil2 jg. pas periksa ke dokter katanya rahim sy menghadap kebelakang & ada masalah dgn indung telur (PCO).sy dberi obat penyubur.apakah sy bisa hamil dgn obat penyubur & rahim menghadap kebelakang..? apa rahim sy perlu di urut dulu..?

  6. Salam
    Saya seorang ibu rumah tangga,usia 23 tahun. Mengalami keguguran pada tgl 22 maret 2010,waktu hamil ke 2 ketika kehamilan saya ber usia 2 bln 10 hari(tapi tidak di kuret),dan mengalami pendarahan kurang lebih selama satu minggu.Setelah itu bersih,tetapi beberapa hari kemudian keluar darah yang berwarna kecoklatan(sedikit dan tidak bau),dan berlansung selama 1 hari.Setelah itu bersih lagi, kira2 empat hari kemudian keluar lagi darah berwarna kecoklatan yang berlansung selama 1 minggu.Kemudian bersih lagi,namun setelah bersih selama 1 minggu darah kecoklatan itu muncul lagi.Yang ingin sya tanyakan apakah darah itu normal atau penyakit?.Kalau itu normal,berarti itu pertanda apa ya dok? .Karena saya sangat berharap sekali cepat hamil.
    Mohon jawabannya secepatnya ya dok!
    Atas jawabannya saya ucapkan terima kasih.
    wsslm

  7. Jika memasukan penis ke daLaM vagina tapi WaktU teMaNd sAya MeMasukaN peNis dia tidak MengeLuarkan sperma apakAh keMuNgkiNand teMaNd pereMpuaN sAyA itu bisa hamil?toLong dijawab

  8. Saya sudah menikah 2th tp sempat long distance 1th,,, jd intensitas ketemu b 1 th ini,, karena sibuk dg kerjaan msg2 hub sex km agak jarang,, bru intens bln jan 2010,,apakah itu yg menyebabkan saya blum punya baby?? apa c tanda2 jika terjadi pembuahan di rahim saya?? thx 4 answer,,

  9. @sdr zee
    Anda tidak dapat mengetahui kemungkinan terjadinya kehamilan tanpa mengetahui masa subur anda dengan baik. Untuk mengetahui masa subur anda dengan metode yang sederhana, anda harus mengetahui siklus haid anda dengan baik. Jadi jika anda berhubungan pada hari keempat setelah haid, hal tersebut dapat memungkinkan terjadinya kehamilan mungkin juga tidak, tergantung pada panjang pendeknya hari antar siklus haid serta berapa hari lama haid anda.
    Mengenai kemungkinan terjadinya kehamilan, banyak gejala yang bisa dijadikan sebagai pertanda diantaranya haid yang tak datang apalagi jika haid terbiasa teratur, muncul flek darah dari vagina dan kram perut, mual dan muntah, rasa lelah berlebihan, puting/payudara lebih lembut, daerah areola (daerah gelap disekeliling puting payudara) menjadi lebih gelap dan membesar, sembelit karena produksi hormon tambahan pada masa kehamilan, naiknya suhu basal tubuh, sering buang air kecil, membesarnya payudara, rahim dan leher rahim melunak, kurang nafsu makan karena rasa mual, keputihan atau keluar cairan berlebihan dari vagina karena pengaruh hormonal, rahim dan perut membesar dan masih banyak lagi tanda-tanda lainnya. Namun demikian jika anda mengalami satu atau beberapa hal diatas bukan berarti dapat dipastikan anda hamil. Untuk lebih yakin, anda dapat melakukan tes kehamilan melalui test yang dilakukan sendiri dengan alat test kehamilan yang sekarang dapat dengan mudah anda dapatkan, atau pemeriksaan kehamilan secara medis melalui dokter dengan pemeriksaan USG, pemeriksaan darah dan uji kehamilan. Salam semoga membantu.

    @sdr Rizka
    Seperti uraian-uraian sebelumnya yang dapat anda baca, masalah rahim yang menghadap kebelakang atau retroflexi tidak menutup kemungkinan terjadinya kehamilan. Saran kami jangan melakukan pengurutan/pemijatan tanpa pengawasan dari ahli medis karena mungkin dapat memperburuk posisi rahim anda. Mengenai Polycystic Ovary Syndrome (PCOS) memang merupakan salah satu gangguan infertilitas yang umum terjadi. Namun anda tidak perlu berkecil hati, dengan pengobatan yang intensif, kesuburan dan kehamilan dapat diperoleh kembali. Yang perlu anda lakukan sebagai tahap awal adalah diet sehat dan melakukan olahraga secara teratur seperti jalan kaki atau berlari untuk mengurangi berat badan dan merangsang reseptor insulin agar tidak terlalu resisten terhadap insulin sehingga kadar insulin dapat lebih terkendali. Anda dapat mencoba untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan berserat seperti sayur dan buah, hindari makanan berlemak dan berkolesterol tinggi, goreng-gorengan, atau makanan yang diproses dengan pembakaran yang dapat memicu radikal bebas dan kanker. Hindari juga menjadi perokok aktif dan pasif. Pemberian obat penyubur yang diberikan selama ini sudah tepat, anda dapat berkonsultasi lebih lanjut dengan dokter mengenai hal ini. Namun sekali lagi kami tekankan, anda masih mempunyai kemungkinan untuk hamil.

    Salam

    Admin

  10. @Ibu Leni
    Jika yang masih muncul adalah flek darah berwarna kecoklatan dan bukan merupakan pendarahan, hal tersebut masih dapat dikategorikan sebagai sesuatu yang normal, karena setelah anda mengalami keguguran akan timbul flek sampai sekitar 40 hari. Flek darah yang keluar tersebut merupakan sisa-sisa dari keguguran yang anda alami sebelumnya. Jika lebih dari 40 hari ternyata masih timbul flek atau keluar banyak darah seperti saat haid, kami sarankan segera konsultasikan lebih lanjut dengan dokter. Dalam keadaan keguguran anda dikuret maupun tidak, selama tidak disertai komplikasi infeksi, maka dalam empat atau lima bulan sesudahnya rahim anda dapat kembali berfungsi normal dan siap menerima kehamilan lagi.
    Dan sebagai bahan koreksi, mohon maaf team admin Keluarga Cemara bukan dokter namun kami meneruskan semua pertanyaan tentang kesehatan dari para pembaca kepada dokter yang berkompeten dan memberikan jawaban sesuai dengan yang diberikan oleh dokter terkait. Jadi mohon dimaklumi jika kami tidak dapat memberikan jawaban secara cepat sesuai dengan harapan anda, dikarenakan kami harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan para dokter yang telah membantu kami. Kami turut mendoakan semoga anda cepat mendapatkan kehamilan kembali. Terimakasih.

    Salam

    Admin

  11. @Sdr Dinda
    Pada saat melakukan hubungan seksual walaupun tidak keluar sperma, secara otomatis cairan pra-ejakulasi (semen/air mani) yang dikeluarkan oleh penis akan masuk ke dalam vagina. Walaupun hanya sedikit, cairan yang dikeluarkan penis sebelum ejakulasi sangat mungkin mengandung sperma, karenanya kemungkinan kehamilan tetap ada. Untuk lebih jelas, anda dapat membaca uraian-uraian kami sebelumnya.

    @Sdr Novie
    Intensitas seksual yang kurang dapat menjadi salah satu kemungkinan yang menyebabkan anda belum dikaruniai momongan. Kami sarankan anda untuk mencoba lebih intensif melakukan interaksi seksual dengan pasangan anda. Mengenai tanda kehamilan anda dapat membaca uraian jawaban yang telah kami berikan kepada Sdr Zee diatas. Terimakasih.

    Salam

    Admin

  12. Ma’af sebelumnya atas kesalahan saya.Terima kasih atas jawabannya yang membuat saya agak lega,namun saya ingin konsultasi lagi.Karena kami sekarang tinggal di Mesir,jadi saya tidak begitu paham dengan dokter disini.Soalnya jawabannya selalu saja tidak memuaskan,sejak awal setelah keguguran setelah di USG,kata dokternya janinnya sudah keluar,jadi tidak perlu di kuret lagi,hanya dikasih obat pembersih rahim aja.Namun flek darah itu muncul kembali pada hari ke 31,dan juga disertai nyeri pada perut,terkadang bagian atas,terkadang bagian bawah,bahkan hampir seluruh bagian2 nya,kurang puas dengan jawaban dokter sebelumnya,maka pada hari ke 34 kami periksa kembali kedokter yang lain,setelah di USG,dan diperiksa ke dalam mulut rahim(menggunakan alat),tak ada juga jawaban yang memuaskan kami.Kami hanya diberi resep obat pembersih rahim juga. Namun obat tersebut belum sempat kami beli,darah sudah keluar banyak, seperti darah haid ,kami jadi bingung harus gimana lagi?, n harus konsultasi ma siapa lagi?. Mohon jawabannya
    terima kasih
    wassalam.

  13. saya umur 23 th dan sedah mempunyai anak 3,dan setelah melahirkan ank ke 3 tdnya kalo hub dgn suami tdk ad maslh ap2,tp setelah ank berumur hampir 2thn tb2 kalo hub ma suami suka ad drh pdhl hub 1minggu setelah haid,saya tkut sekali,2kali bgt…tp kmudian tdk lg sdh lma…tp semalam kami hub lg dan tdk terasa skit,saya hbis haid,tp saya tunggu 2hari sdh tdk keluar lg fleknya,haid saya jg memang sdh 5hri,sya jga sdah hmoir 1bln td hub.dgn suami…saya pikir kalo hub.dgn suami sdah tidak ap2…dan jg knp vagina ska gtal,ap karena celana dalam waktu cuci g’bersih atau knpa,dan obat ap untuk yang perlu saya minum untuk yg tba2 berdarah waktu hub.dgn suami,dan obat ap jg untuk vagina ska gtal?dan knp hub.dgn suami ko’ berdarah,dan jg ska gtal?tolong segera di jawab ya…trimakasih sebelumnya

  14. Saya seorang kepala keluarga , tinggal di luar negri, keluhan saya selama tinggal di sini, ialah setiap kali sakit, ingin berobat kerumah sakit, namun yang saya ketahui dosis obat disini lebih tinggi dari pada obat kita di indonesia, pertanyaan saya, apakah ada efek negatif dari obat yang saya konsumsi itu?

  15. saya umur 18 tahun..saya pernah berciuman dengan pacar saya,,,
    lalu tanpa sadar saya menyuruh untuk mencium mr p saya,,,
    lalu air yg saya keluarkan tiba tiba ditelannya,,,
    apakah itu dapat menyebabkan kehamilan??
    mohon di balas

  16. saya mau tanya kalau seperma masuk atau di minum lewat mulut apakah akan terjadi kehamilan

  17. bagaimana jika dr pihak pria di dapatkan gen kembar tapi kita hanay memiliki 1 sel telur akan kah terjadi kehamilan kembar???

  18. salam kenal…
    numpang nanya,

    apakah hubungan sex pada hari ke 9 or 10 ( 2 atau 3 hari) setelah haid bisa menyebabkan kehamilan?

    tolong dijawab ya ….

    makasih banyak atas bantuannya.

  19. Saya ingin tanya. Sy terakhir berhubungan dengan istri saya pada minggu ke 4 setelah dia haid bulan kemaren (april) terhitung dari hari pertama haid. Sekarang sudah memasuki minggu k 5 tapi dia blm juga hadi, hanya ada tanda berupa sakit pinggul dan saat berhubungan, lendir yang keluar dari vagina istri saya berbau amis (bau darah). Apakah itu tanda akan haid?
    Soalnya kami masih blm kepingin memiliki momongan karena urusan kerja..
    Mohon segera dijawab, thx dok.

  20. maaf ne.aku pengen tanya.aku ingin skali hamil.tapi suami ku dan aku gak terlalu sering melakukan hubungan intim.dan untuk bulan ini aku belum datang bulan.tapi tadi pagi ada darah yg kluar.sedikit dan kecoklatan.habis itu berhenti.apa aku hamil?
    tolong lah di jawab sgera..
    trimakasih..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *