Awal Proses Kehamilan

Awal Proses KehamilanKehamilan (alamiah) terjadi akibat adanya pembuahan sel telur di dalam indung telur wanita oleh sperma. Dalam proses alamiah, ini terjadi karena sperma masuk ke indung telur melalui saluran rahim pada saat melakukan berhubungan badan.

Normalnya, wanita hanya memproduksi satu sel telur setiap bulannya. Dilain tubuh pria bisa memproduksi sperma terus menerus dalam jumlah besar. Rata-rata setiap semprotan air mani mengandung 100-200 juta sperma. Namun dari jumlah tersebut hanya satu yang berhasil menembus indung telur dan membuahi sel telur. Ini merupakan salah satu bentuk seleksi alam untuk memilih bibit yang terbaik.

Apabila pembuahan ini berhasil, dari satu sel telur yang telah dibuahi dan berukuran 0.2 mm akan terus berkembang biak dan berpindah ke dalam rahim.

Kurang lebih sekitar 7-10 hari setelah pembuahan, sel telur yang telah dibuahi akan masuk dan menempel di selaput dalam rahim. Dianalogikan dengan kasur, selaput dalam rahim ini tebal dan lunak sehingga bisa melindungi sel telur yang telah dibuahi. Pada tahap ini kehamilan sudah dimulai.

Selama ini sel telur yang telah dibuahi tersebut terus berbiak dan membentuk semacam akar/rambut yang halus. Ini menyerap gizi yang terkandung dalam selaput dalam rahim sehingga bisa terus berkembang. Rambut-rambut halus ini nantinya memiliki fungsi yang sangat penting untuk janin.

Pada sekitar hari ke 5, sel telur yang telah dibuahi dan keluar dari indung telur sudah berbentuk sebagai satu garis. Pertama yang yang terbentuk adalah syaraf. Perkembangan berikutnya terbagi dua yaitu otak dan sumsum. Segera setelah ini cikal bakal organ tubuh penting seperti jantung, pembuluh darah, otot, dll sudah mulai terbentuk.

Dilain pihak plasenta (ari-ari) yang berfungsi menyelimuti janin selama proses kehamilan juga sudah mulai terbentuk. Sampai usia kehamilan 3 minggu ini janin masih belum bisa dideteksi. Pada saat ini kepala bayi kurang lebih setengah dari panjang badan, dimana badan bayi masih tampak seperti ekor saja.

Sumber : keluarga.Org

Kata kunci pencarian:

Sebar dan Informasikan:

Kategori: Kehamilan

Label:

RSSKomentar (204)

Tinggalkan Komentar | Trackback URL

  1. Wahyudi says:

    Saya ingin tanya, tanpa melakukan penetrasi atau cuma meletakkan sperma di mulut vagina saja apakah juga bisa mengakìbatkan kehamilan? Trima kasih atas infonya..

  2. Admin says:

    Sperma yg dilepaskan diluar miss.V masih mempunyai peluang besar untuk meneruskan perjalanannya kearah uterus lewat lendir wanita / membran mukosa yg membasahi miss.V, apalagi jika wanita dalam keadaan masa subur. Jadi kemungkinan terjadinya kehamilan masih tetap ada

    • jaki says:

      saya ingin mengetahui apabila dalam berhubungan tidak memakai kondom namun sering mengluarkan sperma diluar masa untuk mengetahui kehamilan perlu waktu brapa lama ..?
      mohon konfirmasinya

  3. nuna says:

    Saya ingin bertanya, biasanya setelah berhubungan, saya diam dengan posisi panggul ditahan bantal agar sperma bisa berenang ke saluran rahim, namun setelah setengah jam biasanya saya ingin pipis dan ketika pipis, cairan sperma keluar. Suami bilang, tidak apa-apa karena itu hanya cairan, spermanya sendiri pasti sudah berenang ke saluran rahim. Apakah benar begitu? Saya telah menikah 3 bulan dan s.d hari ini belum hamil.. Mohon info dan terima kasih banyak sebelumnya.

  4. Admin says:

    @Sdr. Nuna

    Yang dikatakan suami anda ada benarnya. Cairan sperma sendiri terdiri dari jutaan sel sel spermatozoa dan hanyalah satu sel spermatozoa terbaik yang dibutuhkan untuk dapat membuahi sel telur. Jadi, walaupun sebagian keluar lagi hal tersebut tidak akan menjadi masalah.

    Selain itu hal yang perlu anda ketahui, ketika melakukan hubungan intim, organ vagina yang terangsang akan mengeluarkan cairan vagina yang berfungsi sebagai pelumas. Jadi, cairan yang kembali keluar setelah hubungan seksual tersebut kemungkinan kombinasi dari cairan vagina maupun cairan hasil ejakulasi dan sperma. Jadi keluarnya cairan dari vagina setelah berhubungan intim adalah wajar.

    Saran kami, karena anda baru menikah 3 bulan, anda tidak perlu terlalu memikirkan hal tersebut. Terlalu memikirkan hal tersebut dan kekhawatiran tidak mempunyai anak malah akan mengganggu kondisi psikis anda dan pada akhirnya menurunkan kemungkinan kehamilan. Jika kesuburan anda dan suami cukup baik, dan hubungan seksual dilakukan tepat pada masa subur, kehamilan mungkin terjadi. Hubungan seksual yang terlampau sering sebenarnya malah tidak efektif bagi terjadinya kehamilan. Sebaliknya, hubungan seksual yang terlalu jarang juga tidak efektif bagi terjadinya kehamilan karena kualitas spermatozoa menjadi terganggu. Kalau ejakulasi sering terjadi, kuantitas dan kualitas spermatozoa akan menurun, karena diperlukan waktu untuk memproduksi sperma dengan kuantitas dan kualitas yang optimal. Kondisi ideal untuk mendapat kehamilan, antara lain, lakukan hubungan seksual yang normal (2-3 kali seminggu), saat kondisi santai, tenang dan kebugaran fisik dan psikis baik anda maupun suami anda dalam keadaan yang baik pula. Tentunya hubungan seksual tersebut dilakukan saat masa subur anda. Untuk itu kenalilah masa subur anda.

    Hal lain yang perlu diperhatikan adalah bahwa posisi hubungan seks tidak mempunyai pengaruh yang signifikan dalam pembuahan. Tidak ada penelitian yang benar-benar bisa membuktikan salah satu posisi seks membuat pasangan memiliki kesempatan hamil lebih besar. Beberapa posisi memang bisa memaksimalkan kesempatan karena bisa membuat pria melakukan penetrasi lebih dalam. Namun posisi tersebut berbeda-beda tergantung kondisi tubuh wanita. Begitu terjadi ejakulasi, sperma langsung berenang menuju rahim. Jadi, tidur dengan posisi saluran rahim lebih rendah dengan menaikkan posisi panggul ditahan bantal juga tidak memiliki efek yang signifikan untuk membantu pembuahan. Yang terpenting adalah posisi hubungan seksual yang anda pilih dengan suami anda dapat memberikan efek relaksasi dan kenyamanan bagi anda berdua.

    Salam

    Admin

  5. Lilis Mila Yanti says:

    Saya sdh menikah 3 thn, saat 6 bln menikah saya hamil tp keguguran usia kehamilan 3 bln.Smpi skg sy tdk hamil2 pdhl sdh ke dktr n ga ada masalah.Kami pun telah mengikuti saran untuk melakukan hbgn saat masa subur.Tp knp smpi saat ini blm hamil jg?Apa mslhnya?

  6. Admin says:

    @Sdr. Lilis Mila Yanti

    Dari berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa prosentase keberhasilan hamil kembali setelah keguguran mencapai 85%. Yang perlu anda perhatikan dan mungkin tidak anda sadari, keguguran yang anda alami mungkin memberikan beban psikologis bagi anda sendiri dan suami. Dan hal tersebut berpengaruh terhadap keseimbangan hormon yang berhubungan dengan kesuburan. Jadi saat anda mencoba untuk hamil kembali setelah keguguran, selain masalah fisik tentu dibutuhkan kesiapan mental dan psikis dari anda dan suami.

    Selama anda tidak mengalami masalah seperti hasil pemeriksaan dokter, tidak ada yang perlu anda kuatirkan kenapa sampai saat ini anda belum hamil kembali. Untuk lebih yakin dengan kondisi kesuburan dan kesehatan anda pasca keguguran, kami sarankan anda untuk mencari ‘second opinion’ dari dokter lain.

    Salam

    Admin

  7. dila says:

    saya baru saja melakukan inseminasi pada tgl 22/3/2010 sekarang sudah hari ke 6 dari tgl insem,dua hari setelah insem badan saya serasa demam tiap hari,dan saya sering buang air kecil,apakah itu tanda tanda awal kehamilan? tetapi saya juga sakit tenggorokan yang menyebabkan saya batuk sampai menekan ke perut,berbahayakah untuk sel telur yang sudah dibuahi apabila saya memang hamil?

  8. Admin says:

    @Sdr. Dila

    Keluhan yang anda rasakan umum terjadi pasca inseminasi. Keluhan yang umum terjadi pasca inseminasi seperti demam, payudaranya menjadi lebih peka dan sedikit nyeri, sakit kepala, kram ringan di daerah panggul, kram dan rasa sakit di perut bagian bawah dan lain sebagainya akan dirasakan berbeda pada setiap orang, namun hal tersebut bukan merupakan indikasi terjadinya awal kehamilan. Tanda-tanda awal kehamilan hasil inseminasi sama dengan tanda kehamilan normal lainnya.

    Batuk yang memberikan tekanan ke perut memang akan memberikan resiko jika pada janin sudah mulai membesar.

    Mengenai keluhan yang anda rasakan, jika keluhan-keluhan tersebut terasa semakin mengganggu, kami sarankan untuk segera menghubungi dokter anda.

    Untuk mendapatkan hasil yang akurat apakah anda hamil, anda dapat melakukan pengujian kehamilan 2 minggu setelah proses inseminasi.

    Salam

    Admin

  9. dila says:

    terima kasih atas jawaban sebelumnya,…

    1.saya ingin tanya,apakah proses implantasi embrio selalu ditandai dengan bercak darah?

    2.setiap bulan menstruasi saya selalu teratur,tetapi yang keluar hanya sedikit sekali,itupun cuma 3 hari.hari pertama cuma flek2 aja kemudian hari kedua keluar darah menstruasi tapi nggak terlalu banyak,hari ketiga flek2 aja, apakah itu normal? padahal sebelum saya keguguran dan kuret menstruasi saya selalu banyak sampai 7 hari..

    3.bagaimanakah cara yang tepat untuk mengembalikan rahim yang retro? karena kalau pijat saya takut,dulu rahim saya normal tapi setelah pijat malah retro dan sulit untuk hamil…

  10. thie says:

    setiap selesai haid,,vagina saya basah,,padahal saya tdr pernah makan nanas,,terima kasih

  11. Admin says:

    @Sdr. Dila

    1. Proses implantasi embrio memang kadang ditandai dengan bercak/flek darah namun tidak semua wanita yang melakukan implantasi embrio mengalaminya, seperti juga keluarnya flek darah yang menunjukkan tanda kehamilan yang terjadi pada sebagian wanita, yang disebabkan karena proses menempelnya embrio pada dinding rahim.

    2. Siklus haid yang tidak normal, tidak didasarkan pada panjang atau pendeknya sebuah siklus haid, melainkan berdasarkan kelainan yang dijumpai. Untuk memastikannya perlu diagnosa dari dokter sehingga dapat dilakukan penanganan yang tepat berdasarkan penyebabnya.
    Banyak penyebab mengapa siklus haid menjadi tidak teratur seperti terganggunya fungsi hormon, kelainan sistemik, stres, terganggunya kelenjar gondok/tiroid atau karena hormon prolaktin yang berlebihan.

    3. Rahim retroflexi merupakan salah satu variasi bentuk rahim dimana rahimnya ke arah belakang sehingga mulut rahim tertarik keatas. Anda tidak perlu kawatir karena menurut penelitian sekitar 20-30% wanita rahimnya retroflexi. Memang posisi rahim retroflexi menyebabkan rahim kembali mengeluarkan sperma setelah ejakulasi, namun bukan berarti posisi rahim seperti ini menutup kemungkinan untuk hamil.
    Untuk mengembalikan posisi rahim tersebut salah satunya bisa dilakukan dengan bedah cesar. Kami sarankan jangan melakukan pemijatan karena mungkin dapat memperburuk posisi rahim anda.

    Salam

    Admin

  12. Admin says:

    @Sdr. Thie

    Basahnya vagina tidak ada hubunganya dengan makanan yang anda konsumsi. Mengkonsumsi buah nanas tidak akan menyebabkan vagina menjadi basah. Vagina yang basah setelah haid adalah normal. Sebenarnya, dalam suatu siklus menstruasi (periode waktu diantara dua peristiwa menstruasi), terjadi pengeluaran cairan dari mulut rahim melalui dinding vagina. Setelah menstruasi cairan biasanya cenderung kental dan semakin lama akan semakin encer, yang pada akhirnya akan menjadi sangat cair seperti putih telur pada saat masa subur. Siklus tersebut akan berjalan terus selama keadaan anda normal.
    Namun, jika vagina selalu basah dan mengeluarkan cairan setiap hari, ini perlu dikonsultasikan lebih lanjut dengan dokter anda untuk dicari penyebabnya.

    Salam

    Admin

  13. dila says:

    pertanyaan terakhir….
    terima kasih atas jawabannya,
    apakah rahim retro itu sulit untuk ditempeli embrio,sehingga ketika ada sel telur yang di buahi dinding rahim gak bisa ditempeli oleh embrio? itu berarti walaupun sdh terjadi pembuahan dan menjadi zigot,zigot akan luruh krn tidak berkembang…

  14. [...] bayi kurang lebih setengah dari panjang badan, dimana badan bayi masih tampak seperti ekor saja. sumber http://keluargacemara.com/kesehatan/kehamilan/awal-proses-kehamilan.html [...]

  15. Admin says:

    @Sdr. Dila

    Rahim retroflexi tidak berarti bahwa dinding rahim sulit untuk ditempeli embrio. Rahim retroflexi hanya merupakan gangguan fisiologis yang -seperti telah diuraikan sebelumnya- umum terjadi.

    Hanya karena secara fisiologis rahim menghadap ke arah belakang dan mulut rahim sedikit keatas, maka memang ada sedikit pengaruh pada saat awal proses pembuahan. Berdasar keadaan fisik tersebut, secara teoritis tingkat kesulitan sperma untuk masuk ke indung telur melalui saluran rahim pada pada rahim retroflexi sedikit lebih tinggi bila dibandingkan dengan posisi arah rahim anteflexi. Namun sebagai catatan, posisi arah rahim tersebut tidak terkait secara langsung dengan tingkat kesuburan anda.

    Jika proses pembuahan sudah terjadi, posisi arah rahim tersebut tidak memberikan pengaruh terhadap luruhnya zigot pasca pembuahan. Kemungkinan untuk meembentuk embrio dan menempel pada dinding rahim tetap besar. Jadi anda tidak perlu risau dengan rahim retroflexi yang anda alami.

    Salam

    Admin

  16. Yanti says:

    Beberapa wkt lalu suami analisa sperma dan hasilnya oligoasthenoteratozoospermia.Pertanyaan sy apakah bs hamil alami n brp lama pengobatan spy normal kembal?Apa sj yg hrs dikonsumsi baik obat atau mknan?Km blm ke dkter krn dkter km sdg di luar negri.Klo ada teman yg pnya pengalam sm bagi2 crita ya..thx sebelumnya

  17. dila says:

    to: yanti

    Sepengetahuanku makanan yang baik dikonsumsi yaitu juz tomat, buah semangka dan jambu biji merah, buah buahan diatas kaya akan likopen dan zat anti oksidan yang dapat memperbaiki kualitas sperma bila diminum secara rutin setiap hari,selain itu buah kurma dan madu murni…
    untuk obat obatan sebaiknya konsultasikan ke dokter saja…

  18. Admin says:

    @Sdr Yanti

    Kehamilan alami masih sangat memungkinkan bagi anda. Gangguan kesuburan Oligo-astheno-teratozoospermia yang disebabkan oleh jumlah sperma yang kurang memenuhi syarat, gerak sperma kurang aktif serta bentuknya yang kurang normal masih memungkinkan untuk disembuhkan.
    Mengenai berapa lama waktu untuk penyembuhan, tentu tergantung dari penyebab gangguan tersebut. Oligo-astheno-teratozoospermia disebabkan oleh banyak faktor mulai dari gangguan pada pabrik sperma, yakni pada testis, penyakit bawaan, kebiasaan (seperti pemakaian celana dalam yang terlalu ketat), gangguan hormonal dan lain sebagainya. Tentu untuk lebih memastikan anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk memperoleh hasil yang akurat.
    Mengenai obat yang mesti dikonsumsi, perlu disesuaikan dengan penyebab terjadinya gangguan kesuburan tersebut. Sedangkan untuk makanan, benar seperti yang telah disebutkan oleh mbak Dila diatas, jenis-jenis makanan tersebut akan membantu meningkatkan kualitas sperma suami anda.

    Salam

    Admin

    @mbak Dila: Terimakasih telah ikut berbagi info dengan yang lain. Kami berharap yang lain dapat mengikuti langkah anda agar dapat membantu pembaca lainnya. Salam

  19. daNy says:

    saat saya berhubungan saya tdk prnah memakai pengaman(kondom).
    tp pasangan saya sll mengeluarkan sperma dluar,
    apakah kmungkinan untuk hamil ada?
    mhon dbls!
    thx

  20. Admin says:

    @Sdr Dany

    Coitus interuptus (melakukan hubungan seksual dengan sperma dikeluarkan di luar vagina) merupakan salah satu bentuk kontrasepsi yang paling sederhana yang banyak dilakukan. Kemungkinan terjadinya kehamilan dari hubungan seksual dengan cara tersebut masih ada, bahkan dapat dikatakan cukup tinggi, apalagi bila dilakukan pada saat masa subur.

    Pada saat anda dan pasangan anda melakukan hubungan seksual tanpa menggunakan kondom, secara otomatis cairan pra-ejakulasi (semen/air mani) yang dikeluarkan oleh penis akan masuk ke dalam vagina. Walaupun hanya sedikit, cairan yang dikeluarkan penis sebelum ejakulasi sangat mungkin mengandung sperma, karenanya tetap bisa menyebabkan kehamilan.

    Setetes cairan sperma mengandung jutaan sel spermatozoa dan yang perlu anda perhatikan adalah bahwa hanya dibutuhkan satu sel spermatozoa terbaik untuk dapat membuahi sel telur dan menyebabkan kehamilan.

    Salam

    Admin

Tinggalkan Komentar




Jika menginginkan komentar anda disertai gambar/foto, anda dapat membuat sebuah Gravatar.

  • Sponsor

eXTReMe Tracker