Home / Kecantikan / Dampak Negatif Facial

Dampak Negatif Facial

Memiliki kulit wajah yang putih dan bersih merupakan idaman bagi setiap orang. Sebab hingga saat ini kulit yang bersih dan bebas jerawat merupakan salah satu kriteria wanita cantik. Maka jangan heran jika para wanita akan melakukan apa saja untuk mendapatkan hal tersebut. salah satunya yaitu dengan facial wajah.
Namun facial pun menyimpan efek samping yang bisa merugikan. Bukan berarti facial buruk untuk kulit. Hanya saja, setiap jenis perawatan, termasuk facial mengandung risiko tertentu. Sebelum pergi ke salon untuk mendapatkan perawatan ini, kenali jenis kulitmu dan pahami kemungkinan yang bisa terjadi.
Berikut ini kami tampilkan beberapa kemungkinan dampak negatif facial, yang perlu diketahui dan diwaspadai :

  • Jerawat
    Bukankah facial dapat mengatasi jerawat? Jawabannya tidak. Facial justru dapat membuat kondisi jerawat semakin parah, mulai dari peradangan dan traumatik. Seperti yang kita ketahui jerawat tidak boleh dipencet-pencet, pada saat facial perawat pastinya akan memencet, menekan dan mengeluarkan jerawat.
  • Iritasi
    Kadang-kadang ramuan dan krim yang digunakan untuk facial mengandung bahan kimia dengan konsentrasi tinggi. Produk seperti ini bisa membahayakan kulit, terutama kulit yang sensitif. Salah satu gejalanya adalah iritasi dan gatal-gatal.
  • Wajah mengalami pembengkakan
    Facial meliputi pengelupasan sel kulit mati. Proses ini penting untuk keremajaan kulit, namun juga bisa berdampak negatif jika dilakukan terlalu sering. Akibatnya, warna kulit jadi tidak rata dan bengkak.
  • Ruam kemerahan
    Bahan kimia tertentu yang digunakan selama facial mungkin terlalu kuat atau tidak sesuai dengan jenis kulit Anda, sehingga menyebabkan ruam kemerahan, pembengkakan, bahkan peradangan pada kulit.
  • Reaksi alergi
    Ada berbagai jenis facial yang ditawarkan oleh salon atau klinik kecantikan. Produk-produk yang digunakan pun biasanya berbeda. Bukan tidak mungkin salah satu produk ini menimbulkan reaksi alergi terhadap beberapa orang.
  • Jaringan parut
    Proses mengeluarkan komedo pada facial biasanya menggunakan jari atau alat khusus. Jika tidak dilakukan dengan teknik yang tepat, bisa menyebabkan luka. Kemungkinan terburuknya, terbentuk jaringan parut yang membuat kulit wajah tak lagi mulus.
  • Kulit kering
    Facial terlalu sering dapat menghilangkan kelembapan alami pada kulit dan mengganggu keseimbangan pH kulit. Akibatnya, kulit jadi kering dan kusam.

Itulah beberapa efek samping dari facial yang perlu kita waspadai. Ketahui resiko yang mungkin kita hadapi sebelum mencoba setiap jenis perawatan.

About Admin

Check Also

Menjaga Berat Badan Saat Kehamilan

Untuk menjaga berat badan agar tetap dalam batas ideal dan normal, bisa mempertimbangkan 10 tip …

Infeksi Kehamilan Karena Toxoplasma

Salah satu infeksi yang berbahaya bagi wanita hamil adalah infeksi dan berkembangnya parasit Toxoplasma gondii. …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *