Home / Kesehatan / Apakah Sepatu Hak Tinggi Aman untuk Kaki ?

Apakah Sepatu Hak Tinggi Aman untuk Kaki ?

Sepatu Hak TinggiSepatu dengan hak tinggi (lebih dari 15 cm) terlihat indah dan menawan bagi kaki wanita. Tetapi sebetulnya sepatu dengan hak tinggi tidak terlalu baik untuk kaki, sepatu dengan hak tinggi dapat merusak kaki bahkan tubuh. Menurut Ikatan Ahli Ortopedi Kaki dan Pergelangan Kaki Amerika Serikat, orang-orang rata-rata melangkah sebanyak 10.000 langkah perhari. Hak tinggi akan menggeser setiap kekuatan dari setiap langkah sehingga tekanan berakhir pada telapak kaki bagian belakang dan tulang jari kaki. Akibatnya tumit akan menjadi bengkak dan meradang, sakit pada tumit, kerusakan pada jari kaki, urat tumit yang memendek dan syaraf yang terjerat.

Masalah lainnya masih terus berlanjut. Pergelangan kaki, lutut dan tulang pinggul dapat terkena dampaknya. Jika orang memakai sepatu yang tidak berhak maka otot kaki dan paha akan berkontraksi secara normal ketika sedang tertarik. Bila seseorang sedang berjalan memakai sepatu hak tinggi maka kaki terletak dalam posisi menurun. Ini akan menyebabkan lutut, pinggul dan punggung dalam posisi yang agak lentur. Ini akan mencegah otot-otot belakang dari tulang-tulang lutut, kaki dan pinggul untuk merenggang seperti biasanya. Jika terjadi setiap kali maka si pemakai hak tinggi akan menderita rasa kaku, sakit dan luka. Sepatu hak tinggi juga akan menyebabkan punggung bagian bawah keseleo karena hak tinggi menyebabkan tubuh menggantung lebih daripada biasanya dan meletakkan beban yang berlebihan pada punggung.

Bagi wanita yang memang penggemar sepatu hak tinggi, cobalah untuk tidak memakainya setiap hari dan cari sepatu dengah hak yang tidak terlalu tinggi. Jika sedang bepergian santai – seperti berbelanja – hindari memakai sepatu hak tinggi yang menekan jari kaki menjadi bentuk segitiga. Atau pakai sepatu hak tinggi yang haknya tidak tipis tetapi lebar (platform shoe). Sepatu jenis ini tidak merusakkan kaki dan jari kaki seperti sepatu dengan hak tinggi.

Sumber:  Keluarga.org

Kata kunci pencarian:

    sepatu hak tinggi, sepatu, sepatu tinggi, hak tinggi, gambar sepatu hak tinggi, sepatu hak, efek sepatu hak tinggi, sepatu wanita terbaru, sepatu hak tinggi terbaru, pengaruh sepatu hak tinggi

About Admin

Check Also

Infeksi Kehamilan Karena Toxoplasma

Salah satu infeksi yang berbahaya bagi wanita hamil adalah infeksi dan berkembangnya parasit Toxoplasma gondii. …

Ibu Hamil Tak Harus Ngemil

Kehamilan merupakan saat yang membahagiakan karena akan ada anggota baru di dalam sebuah keluarga. Karena …

4 comments

  1. ahh masa che sepatu hak tinggi tidak mengamankan qu lumz pernah coba tuch . . . .

  2. Saya ingin memakai hak tinggi,masa pke hak tinggi bikin kita sakit sh,klo ya tlng donk kasih tahu klo pke hak tinggi bikin kita skait……….?????????

  3. Menurutku sepatu berhak rendah lebih aman untuk digunakan sehari-hari ataupun dalam waktu yang lama. Pemakaian sepatu berhak tinggi, lebih baik digunakan pada kesempatan istimewa saja. Terimakasih ya atas inputnya.

  4. tapi pada kenyataannya, banyak yang memakaii spatu hak tinggi tapi tidak terlihat efek negatif koq?? 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *