Home / Kesehatan / Anoreksia pada Remaja Putri

Anoreksia pada Remaja Putri

Salah satu gangguan yang terjadi pada masa remaja adalah Anoreksia Nervosa. Yaitu suatu gangguan khas khususnya bagi remaja putri, dimana terdapat penurunan berat badan yang hebat secara disengaja, amenorrhoea dan terdapatnya psikopatologi yang spesifik.

Anoreksia Nervosa sering terjadi pada usia 14-18 tahun dan ada beberapa orang yang mengalaminya pada umur-umur yang lebih muda. Menurut penelitian pengidap gangguan ini 90-95% diderita oleh remaja putri dan banyak ditemukan pada golongan sosial-ekonomi menengah ke atas.

Gejala Anoreksia Nervosa seringkali tidak terdeteksi sejak dini karena pada awalnya penderita tidak mengeluh tentang adanya gangguan pada dirinya. Dan sampai suatu saat keluarga mengetahui bahwa putrinya telah menjadi semakin kurus dari hari ke hari. Dan saat itu pula keluarga atau orangtua baru menyadari bahwa anaknya seringkali tidak mau makan baik pagi, siang ataupun malam disebabkan alasan-alasan kesibukannya.

Biasanya penderita gangguan ini siklus haidnya juga terhenti, tetapi pada mulanya penderita tidak nampak lemas dan justru menambah kegiatannya semakin padat untuk menghindari acara makan. Akhirnya karena kegiatan dan kesibukan yang semakin padat dan tidak ada makanan yang masuk maka berat badan penderita semakin menurun, sering gelisah, daya konsentrasi menurun, emosi menjadi tidak stabil, mulai menarik diri dari lingkungan, pucat, lemah, tidak dapat tidur,terdapat cekungan mata, dan sebagainya.

Secara pemeriksaan fisik ditemukan bahwa kulit penderita menjadi kering dan terlihat adanya pertumbuhan lanugo di pipi, leher, tangan dan kaki. Tekanan darahnya juga menurun menjadi (90/60 mm Hg), perutnya cekung, pantatnya rata, beberapa hormon seperti LH (Luitenezing Hormon) dan FSH (Folical Stimulating Hormon) mengalami gangguan.

Psikopatologi yang khas pada penderita Anoreksia Nervosa adalah ketakutan yang hebat untuk gemuk, seolah-olah ada pandangan dalam dirinya bahwa gemuk itu menjijikkan dan tidak disukai oleh orang-orang disekitarnya.

Faktor pencetusnya biasanya adalah depresi yang dapat disebabkan oleh bermacam-macam hal seperti: perpecahan keluarga/broken home, ditinggal mati oleh keluarga yang dicintai, tuntutan dari orangtua yang terlalu tinggi terhadap pencapaian prestasi putrinya, dan lain sebagainya.

Gangguan ini dapat disembuhkan, tetapi memerlukan waktu yang cukup lama dan perlu pengorbanan dari pihak keluarga untuk terus sabar dan telaten dalam memberikan dukungan kepada penderita.

Biasanya penderita bila sudah parah, akan sulit sekali utnuk disembuhkan bahkan tak jarang yang berakhir dengan kematian. Untuk itu waspadalah bila remaja kita sudah mulai sulit untuk makan, mulai beraktivitas berlebihan dan menunjukkan gejala-gejala adanya gangguan Anoreksia Nervosa ini, cepat-cepatlah mengambil tindakan

Oleh M. Ninik Handayani, S.Psi.

Kata kunci pencarian:

    anoreksia, anoreksia nervosa, kesehatan remaja, pengertian anoreksia, vagina remaja, anoreksia pada remaja, Diet pada remaja, remaja putri, kesehatan pada remaja, anoreksia nervosa pada remaja

About Admin

Check Also

Menjaga Berat Badan Saat Kehamilan

Untuk menjaga berat badan agar tetap dalam batas ideal dan normal, bisa mempertimbangkan 10 tip …

Infeksi Kehamilan Karena Toxoplasma

Salah satu infeksi yang berbahaya bagi wanita hamil adalah infeksi dan berkembangnya parasit Toxoplasma gondii. …

7 comments

  1. kalo cari menu diet untuk remaja yang ngga ribet ada?

  2. @Sdr Unee

    Sebenarnya menu diet untuk remaja bukanlah sesuatu hal yang ribet, namun dalam melakukan diet pada remaja tetap harus memperhatikan variasi gizi karena remaja memerlukannya untuk pertumbuhan. Namun kami akan mencoba untuk mencarikan informasi mengenai menu diet yang sesuai untuk remaja.

    Salam

    Admin

  3. Ngeri juga ya efek sampingnya,aku dulu kurus bgt waktu kecil,kaya papan,,padahal makanx normal,trus masuk smu mulai ndud coz makan ngemil berlebih.. Lulus smu mulai pgn kurus lg.. Diet ketat n olahraga.. Skrg da agak kurus,tp sering pusing,and tkanan darah 90/70mmhg,rendah bgt ga tu? Jadi takut ni

  4. cara terbaik buat diet sih sebenernya olahraga sama makan makanan sehat yang teratur.menurut aku sih jangan terlalu terobsesi tubuh kaya model,be your self lah

  5. Menu-menu sehat itu seperti apa sih??
    aku juga dulu waktu kecil Kurus banget tapi setelah dpet haid sktar SMP lah mulai berkembang aku cukup puas tp pas masuk SMA kok jd gendut y?? itu dr faktor apa? padahal aku aktif dsekolah jarang males2an

    tolong dong kiat2nya
    trims

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *