Home / Buku Sekolah

Buku Sekolah

Buku Teks Pelajaran Murah
Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas)


Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) telah mengubah kita semua dalam berinteraksi dan bersosialisasi. Eranya telah lama datang, yang ditandai dengan kemampuan masing-masing individu untuk mentransfer informasi secara bebas, dan setiap saat dapat mengakses pengetahuan, sesuatu yang sulit atau bahkan tidak mungkin dilakukan sebelumnya. Suatu era yang juga dikenal sebagai Abad Digital (Digital Age) atau Revolusi Digital (Digital Revolution), yang mempengaruhi pergeseran dari industri tradisional yang timbul dari revolusi industri melalui industrialisasi, ke ekonomi yang berbasis pengolahan informasi.
Dunia pendidikan pun tidak bisa mengelak dari perubahan itu, bahkan sudah sewajarnya mengambil peran aktif untuk memanfaatkan TIK demi kemajuan pendidikan. Reformasi pendidikan adalah kuncinya, dan TIK adalah urat nadi yang memperlancar reformasi tersebut.
Buku Sekolah Elektronika (BSE) adalah salah satu indikator perubahan itu.
BSE adalah merupakan wadah penunjang bagi Program Massal Buku Teks Pelajaran Murah, dimana pemerintah, dalam hal ini Kementerian Pendidikan Nasional telah membeli hak cipta buku-buku teks pelajaran tertentu dari penulisnya langsung. Tentu saja, buku-buku tersebut telah dinilai kelayakannya oleh Badan Nasional Standarisasi Pendidikan (BSNP) sesuai dengan Permendiknas No. 46/2007, Permendiknas No. 12/2008, Permendiknas No. 34/2008 dan Permendiknas No. 41/2008. Dengan BSE, buku teks pelajaran dapat diunduh oleh siapa saja, kapan saja, di mana saja melalui situs http://bse.depdiknas.go.id. Siapa pun, baik perorangan, kelompok maupun Badan Hukum dapat memperbanyak dan memperdagangkan buku tersebut dengan harga di bawah Harga Eceran Tertinggi (HET) yang telah ditetapkan pemerintah.
Saya menyambut gembira kehadiran BSE. Ini merupakan salah satu model reformasi baru dalam sistem perbukuan nasional. Saya mengharapkan BSE yang telah mampu menyediakan buku 942 judul ini dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya. Saya mengucapkan penghargaan yang tulus dan setinggi-tingginya kepada para penulis yang telah menyumbangkan tenaga dan pikirannya demi kemajuan pendidikan nasional.
Selamat memanfaatkan BSE. Selamat belajar.

Jakarta 25 Januari 2010
Menteri Pendidikan Nasional

Mohammad Nuh

Daftar Buku Sekolah Elekronik Departemen Pendidikan Nasional (Depdiknas):

  1. Buku Sekolah Elektronik tingkat SD/MI
  2. Buku Sekolah Elektronik tingkat SMP/MTs
  3. Buku Sekolah Elektronik tingkat SMA/MA
  4. Buku Sekolah Elektronik tingkat SMK

Kata kunci pencarian:

    pengertian buku sekolah elektronik, hubungan BSNP dengan buku sekolah